DETAIL AGENDA

Perbedaan mental illness dan personality disorder


2019-10-17

Assalaamu’alaikum Dokter

Saat ini begitu banyak keanehan pada sisi kejiwaan manusia, seperti LGBT hingga kanibalisme. Yang ingin saya tanyakan apakah perbedaan mendasar antara seseorang yang mengalami sakit jiwa (mental ill) dengan gangguan kepribadian (personality disorder) Dok? Termasuk yang manakah antara LGBT dan kanibalisme? Serta mungkinkah seseorang mengalami masalah tersebut yang timbul dari sisi internal diri seseorang? Hingga metode penyembuhan seperti apakah agar seseorang bisa sembuh dari masalah tersebut Dok?

Terima kasih atas jawabannya.


Waalaikum salam warohmatullah..

Apa yang anda katakan mengenai keanehan sisi kejiwaan manusia sudah menjadi bahasan khusus oleh para ahli ilmu kedokteran jiwa dan ahli lainnya. Akan semakin kuat di dengungkan ketika media ikut mengangkat pemberitaan yang berkaitan dengan kasus-kasus kejiwaan tersebut. Tidak ada salahnya kita membaca dan menambah informasi mengenai kasus-kasus dalam ilmu kedokteran jiwa. Selanjutnya, anda menanyakan tentang perbedaan mental illness dan personality disorder. Mental ilness juga disebut dengan gangguan kejiwaan, adalah pola perilaku atau mental yang menyebabkan tekanan signifikan atau gangguan fungsi pribadi. Fitur-fitur seperti itu mungkin akan menetap, kambuh dan timbul, atau terjadi sebagai satu episode. Jadi adakalanya seseorang yang mengalami ganguan jiwa bisa berfungsi seperti sedia kala. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa bisa karena faktor bilogis, fisiologis, lingkungan, kondisi stress tertentu atau masalah lainnya yang membuat seseorang tidak mampu beradaptasi dan mengganggu fungsionalnya.

Orang awam akan mengenal kejanggalan perilaku dengan melihat dan berbicara dengan orang tersebut. Akan lebih baik jika seseorang tidak berperilaku sebagai mana kesehariannya keluarga atau orang terdekat mengkonsultasikan pada tenaga profesional terdekat, seperti di puskemas atau umah sakit. Pertanyaan selanjutnya apa yang dimaksud dengan gangguan kepribadian?. Ganguan kepribadian adalah jenis masalah kesehatan mental di mana sikap, kepercayaan dan perilaku seseorang menyebabkan ia mengalami masalah. Ganguan kepribadian ini merupakan perkembangan dari ciri kepribadian bawaan yang berkembang dari kecil dan lama dalam hidup seseorang. Kata 'kepribadian' mengacu pada pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang menjadikan masing-masing individu sebagai diri sendiri. Seseorang tidak selalu berpikir, merasakan dan berperilaku dengan cara yang persis sama dengan orang lain. Namun, jika seseorang memiliki gangguan kepribadian, mungkin ia sering mengalami kesulitan dalam cara berpikir tentang diri sendiri dan orang lain, cenderung sulit untuk mengubah pola yang tidak sesuai ini. Melanjutkan pertanyaan anda mengenai kanibalisme dan LGBT apakah masuk dalam kategori mental illness atau personality disorder, menurut pandangan saya tidak serta merta kita mengkategorikan dalam gangguan yang mana. Akan lebih sesuai jika dilakukan pemeriksaan pada individu yang bersangkutan. Sepintas jika kita menyebutkan seseorang gangguan maka tentunya ada gejala atau simtom yang menyertai. Bagaimana penyebabnya dan bagaimana penyembuhannya akan kompleks dan tentunya ada keunikan dari setiap individu.


"Memberi Arti Lebih dari Sebuah Manfaat"

Kantor Kami : Jl. Kahuripan 12 Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Telp. : (0341) 340327

Wa. : 0813 3395 1332

Email : ydsfmalang@yahoo.co.id