DETAIL AGENDA

Hamparan Warna Warni Kitiran


2019-10-17

Apa yang menarik dari Kota Batu? Bunga, ketan bubuk, buah apel, atau wahana sudah biasa. Ada yang tak biasa, dan masih terbilang baru, yaitu hamparan warna-warni kitiran. Ya, kitiran adalah baling-baling atau kincir angin dalam Bahasa Jawa, bahasa lokal yang digunakan oleh warga kota wisata ini.


Adalah Sukaji Widya Antoko, seorang warga Kota Batu yang telah mengubah lahan pertanian jeruknya menjadi hamparan kitiran warna-warni. Dari kejauhan, kitiran yang berwarna-warni tersebut tampak seperti hamparan taman bunga tulip – dalam gradasi warna biru, hijau, merah, kuning, hingga oranye.


Saat ini, kurang lebih sejumlah 25.000 kitiran telah tertancap di atas lahan seluas 6.000 meter persegi miliknya. Para pengunjung memanfaatkan puluhan ribu kitiran warna-warni sebagai latar belakang foto, seolah-olah mereka berada di tengah taman bunga tulip.

Menariknya, warna cerah kitiran yang terbuat dari plastik cukup pekat tertangkap kamera. Tak ayal, warna-warni yang dihasilkan pada foto pun tampak sangat bagus. Hanya Gunung Panderman pada latar belakang yang seketika menegur bahwa taman "bunga tulip" ini berada di kawasan Kota Batu.


Dibuka pada akhir bulan Agustus kemarin, Bumi Kitiran terbuka untuk setiap pengunjung dengan harga tiket Rp10.000,00 saja. Lokasinya yang mudah dijangkau sangat menguntungkan pengunjung. Dalam 20 menit perjalanan berkendara dari Alun-Alun Kota Batu, pengunjung sudah tiba di lokasi Bumi Kitiran.


Nah, bukankah Bumi Kitiran dapat menjadi alternatif taman bunga sebagai latar swafoto? Barangkali, dengan begitu kita dapat menyelamatkan taman-taman bunga tanpa mengorbankan jumlah like pada foto media sosial.

Picture https://www.instagram.com/p/B1nFH-qJzLC/?igshid=1iv9f6unywzeo


"Memberi Arti Lebih dari Sebuah Manfaat"

Kantor Kami : Jl. Kahuripan 12 Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Telp. : (0341) 340327

Wa. : 0813 3395 1332

Email : ydsfmalang@yahoo.co.id